Puskesmas Sungai Dareh luncurkan Inovasi Cegah Stunting” KAMI SEHATI”.


Dharmasraya-Sumatera Barat, Kawasansumbar.com --Dalam rangka pencegahan dan penurunan Stunting di wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Dareh maka UPT Puskesmas Sungai Dareh membuat Inovasi KAMI SEHATI (Gerakan Ibu Hamil Cegah Stunting ). 


Lahirnya Kami sehati dilatar belakangi oleh tingginya angka ibu hamil kurang gizi atau ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK).


"UPT Puskesmas Sungai Dareh mempunyai sasaran Ibu hamil sebanyak 759 orang di Tahun 2023, Ibu hamil KEK 63 orang. Dari semua Ibu Hamil KEK mempunyai permasalahan yang berbeda-beda," sebut Kepala Puskesmas Sungai Dareh, Muliati, SKM.


Dikatakan, masalah yang sederhana yang sering di alami oleh kebanyakan Ibu Hamil seperti mual, muntah, tidak mau makan, kebiasaan atau hobi makanan jajanan yang tidak sehat seperti contohnya sering makan bakso, makanan yang cepat saji, minuman yang berwarna dan minuman instan, sampai dengan pusing serta masalah yang berkaitan dengan penyakit penyerta yang di derita oleh Ibu hamil sebelum masa kehamilan seperti diabetes mellitus, hipertensi, kanker payudara, disabilitas.


Kondisi Sebelum adanya inovasi Ibu Hamil KEK wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Dareh mengkonsumsi makanan apa adanya tanpa memperhatikan kebutuhan Ibu dan calon bayi yang di kandungnya.


Ibu Hamil KEK lebih suka makan makanan dan minuman siap saji, begitu juga dengan makan makanan sehari-hari di rumah contoh hanya makan nasi dengan sayuran atau hanya makan nasi dengan lauk saja, demikian juga dengan porsi makannya yang tidak sesuai dengan kebutuhan Ibu pada masa kehamilan.


"KAMI SEHATI sangat membantu Ibu Hamil KEK dalam pembuatan menu gizi seimbang, karena memuat siklus menu 5 hari yang bisa di pakai sebagai pedoman dalam pembuatan menu atau dalam pengolahan makanan untuk di makan Ibu Hamil KEK dan keluarga," lanjut Muliati. 


Diterangkan, KAMI SEHATI berupa pembuatan siklus menu gizi seimbang 5 hari dan di tempelkan di rumah ibu hamil.Sebelum pemasangan menu gizi seimbang terlebih dahulu di berikan edukasi tentang manfaat menu dan bahan pengganti kalau bahan yang di menu tidak tersedia di rumah.


Adapun cara kerja KAMI SEHATI ini yakni : Pertama, dilakukan pendataan ibu hamil KEK di wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Dareh. Kedua, delakukan validasi data ibu hamil KEK, dan yang ketiga pembuatan siklus menu 5 hari berdasarkan menu gizi seimbang.


Sedangkan langkah keempat, melakukan koordinir dengan bidan desa dan lintas sektor terkait untuk pemasangan menu gizi seimbang.


Seterusnya, melakukan kunjungan rumah ibu hamil KEK untuk pemasangan menu gizi seimbang.


# Humas

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto